Search
  • Grand Pangandaran

Akuarium Terbesar di Dunia di Pangandaran Selesai dibangun


photo by. Madlani/Harian Rakyat

Berita Pangandaran - Proses pembangunan tiga buah akuarium terbesar di dunia yang ada di PIAMARI (Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute) Desa Babakan Pangandaran dilaporkan sudah mencapai 100 persen. Sementara saat ini sedang dalam proses pematangan dari kebocoran dan target tahun 2020 sudah dibuka untuk umum.


Ketua Tim Teknis PIAMARI, Agus Setiawan, mengatakan, kontruksi pembangunan dua gedung dinyatakan sudah selesai, yakni gedung untuk akuarium air laut, dan akuarium air tawar. Sementara gedung penelitian teknologi kelautan hingga September 2019 masih dalam pemeliharaan.


Bapak Agus Setiawan mejelaskan, ada tiga akuarium raksasa yang kita buat, yakni Akuarium Teater dengan tinggi 4,2 meter dan lebar 10 meter dengan panjang 32,58 meter. Kedua Akuarium Sekolah yang tingginya 7 meter dan berdiameter 5 meter. Sedangkan Akuarium Terowongan tingginya 3 meter, lebar 3 meter, dan panjangnya 47,895 meter.


Akuarium terowongan yang panjangnya 47,895 meter ini merupakan yang terbesar dan terpanjang di dunia. Karena saat ini baru ada di Portugal yang panjangnya 40 meter. Sebelum digunakan, dalam pengerjaan akuarium ini membutuhkan proses yang cukup lama karena harus melakukan tes kebocoran, tes goncangan terhadap gempa, dan masih banyak tes lainnya.


Dipastikan sebelum dibuka untuk umum harus aman dan tahun 2020 sudah bisa mulai jalan operasionalnya.


Untuk mengerjakan akuarium terbesar di dunia ini, tidak bisa cepat meski diminta. Sebab, harus memastikan steril dari beton, hal-hal yang mengandung bahan kimia serta bebas dari bakteri dan jamur.


Bapak Agus menyebutkan, jika akuarium sudah selesai, tinggal dicek kualitas air, pompa, pencahayaan dan lainnya. Setelah itu baru pemasangan material seperti pasir, batu-batuan, tumbuh-tumbuhan serta lainnya.


Adapun untuk isi dari Akuarium Sekolah, sambungnya, akan diisi Air laut dengan jenis ikan schooling fish atau jenis ikan yang berenang selalu bergerombol, ditambah Ikan Hiu, Pari, Ikan Kerapu. Bentuk akuarium ini lebih fantastis, yakni dua kali lebih besar dari Sea World.


Sementara akuarium terowongan terbesar dan terpanjang di dunia, bisa diselesaikan sesuai dengan target berkat dukungan semua pihak.


Untuk pengadaan ikan, atau pengelolaan objek wisatanya akan bicarakan bersama. Doakan kunjungan wisatawan di akuarium terbesar di dunia ini bisa sesuai target, demikian harapan Bapak Agus Setiawan.




Rewrite by Grand pangandaran

Original by Madlani (Harian Rakyat)

5 views

(0265) 630567

©2019 Grand Pangandaran. Proudly created by Inisago.