top of page

Grand Pangandaran: Masterplan Prakonseptual



Dalam mewujudkan visi utamanya, Masterplan Prakonseptual yang diusulkan untuk Grand Pangandaran didesain sebagai pusat pariwisata bahari terpadu yang menyediakan hiburan bertema kelautan yang didukung oleh fungsei komersial, berbagai jenih akomodasi, dan area mixed-use yang menerapkan konsep Kota Bahari yang ramah terhadap pejalan kaki, serta Marine Technopark dan pusat bisnis yang mendukung riset mengenai kelautan dan penerapan praktisnya.


Sebagai kawasan pariwisata, sirkulasi di dalam kawasan perencanaan ini diusulkan untuk dapat meminimalisir penggunaan kendaraan dan bertujuan untuk dapat meningkatkan dan memaksimalkan pengalaman pejalatn kaki dan wisatawan. Sistem ruang terbuka yang terintegerasi menghubungkan berbagai area di dalam kawasan dan memberikan akses yang mudah ke area pantai. Karakteristik dari kawasan perencanaan dapat ditingkatkan melalui pengembangan area sawah eksisting sehingga dapat menjadi fitur utama pada sistem ruang terbuka dan dapat memperlihatkan budaya lokal masyarakat, serta memberikan kesempatan pada wisatawan untuk dapat berpartisipasi pada pertunjukan dan kegiatan budaya. Kawasan komersial yang sudah ada di area timur dapat dihubungkan dengan konteks kota yang lebih luas yang kedepannya dapat menjadi bangkitan pusat komersial di Pangandaran.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Creating the framework to realize the Vision, the proposed Preliminary Conceptual Master Plan for Grand Pangandaran creates an integrated maritime tourism hub that allocates ocean-themed entertainment and commercial functions, various types of accommodation, and mixed-use that applies a waterfront pedestrian oriented city concept, as well as also a Marine Technopark and business centre that promotes marine reasearch and its practical implementations.


The development being a tourism area, the circulation within the development aims to minimize vehicular use and aims to increase and maximize the range of experiences for pedestrians and tourists. An integrated open space network links the various development parcels, and provides easy access to the nearby beach. The characteristics of the existing site are enhanced by incorporation and improvement of existing paddy fields, which are turned into key open space features and show case local and traditional customs, and offer opportunities for tourist to participate in cultural events and activities. Existing commercial facilities in the east are expanded and linked to the wider city context, creating critical-mass commercial core.




By. TOWNLAND

49 views0 comments
bottom of page