top of page

GRAND PANGANDARAN: PIAMARI Aquarium Pangandaran Akan Segera di Buka!


(* Article reposted by Grand Pangandaran from MyPangandaran: https://news.mypangandaran.com/berita/read/wisata/2498/pertengahan-desember-2020-piamari-aquarium-pangandaran-di-buka





Piamari atau Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute yang di bangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di kawasan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Cikidang Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran mulai tahun 2017 lalu rencananya akan dibuka pada minggu kedua di bulan Desember 2020.


Hal ini disampaikan koordinator Piamari Agus Setiawan, "Kemungkinan akan di buka oleh Pak Menteri Kelautan dan Perikanan (Edhy Prabowo,Red). Tapi di minggu kedua bulan Desember besok direncanakan ada acara soft opening atau pembukaan untuk akuarium di Piamari," ungkap Agus.


Agus mengatakan, saat ini tengah mempersiapkan dengan mempercantik akuarium dan sebagainya, sehingga bisa layak dikunjungi oleh wisatawan.


"Sekarang di dalam akuarium nya sedang di perbagus supaya indah. Targetnya bulan November ini akuarium sudah bisa diisi dengan air dan sejumlah jenis ikan laut," kata Agus.


Agus memaparkan, di gedung Piamari ini terdapat tiga jenis raksasa. Pertama memasuki gedung di lantai dasar, wisatawan dapat melihat schooling aquarium berbentuk silinder dengan kedalaman 7 meter dan lebar 5 meter.


"Nanti di situ akan diisi oleh ikan-ikan laut yang berenangnya bergerombol," kata Agus.


Kemudian lanjut Agus, wisatawan dapat melanjutkan ke lantai atas, disana ada museum maritim yang usianya tentang kegiatan kemaritiman khususnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Tidak jauh dari museum kata Agus, ada kolam sentuh atau touch pool sehingga anak-anak bisa menyentuh ikan, batu karang atau bintang laut, juga ada lukisan tiga dimensi sehingga wisatawan bisa melakukan foto selfi.


Setelah itu, lanjut dia, wisatawan masuk ke ruangan tunnel aquarium yang diisi oleh jenis ikan air tawar dengan panjang 47 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar rata-rata 3 meter.


Kata Agus, rencananya akuarium air tawar ini akan di buat meja aquarium di pasang tumbuh-tumbuhan air dan ikan-ikan atau disebut aquascape.


"Kalo akuarium air tawar ini sudah jadi nanti menjadi satu aquascape terbesar di dunia. Karena aquascape yang ada di negara Portugal itu panjangnya cuma 40 meter, sedangkan yang di Pangandaran mencapai 47 meter dan lebih dalam dan lebih lebar," paparnya.


Selanjutnya kata Agus, setelah memasuki tunnel aquarium, wisatawan bisa masuk ke teater akuarium.


"Tapi sekarang ruangannya di teater akuarium belum dipasang bangku-bangku buat penonton yang nanti ruangan teater itu sifatnya untuk edukasi dan sosialisasi tentang kebencanaan, konservasi dan sebagainya di depan akuarium yang panjangnya 30 meter, lebar 10 meter dan kedalamannya 4 meter yang diisi oleh ikan pari, ikan hiu dan beberapa ikan kerapu yang berukuran besar, ikan bawal bintang dan beberapa ikan karang," ujar Agus.


Sebenarnya di lantai dua ada ruangan untuk audio visual, namun kata Agus untuk tahun ini belum dibuka, termasuk untuk wisata diving (menyelam) di akuarium teater.


"Jadi setelah itu wisatawan diarahkan ke ruangan souvenir dan selesai," ujar Agus, seraya dirinya berharap dengan keberadaan akuarium raksasa di Piamari bisa menambah kunjungan wisatanya ke Pangandaran.

164 views0 comments
bottom of page