top of page

Jabar minta Menteri Whisnutama prioritaskan KEK Pangandaran




Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama mendorong dan memprioritaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran dan Cikidang agar ditetapkan oleh Kemenko Perekonomian pada 2019.


"Saat Menteri Pariwisata dijabartoleh Pak Arief Yahya, beliau menyatakan akan mengawal khusus pengajuan KEK Pangandaran dan Cikidang agar ditetapkan oleh Kemenko Perekonomian pada tahun ini. Kami minta pengajuan KEK ini didorong dan diprioritaskan oleh Menteri dan Wakil Menteri yang baru," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dedi Taufik, di Bandung, Jumat.


Dedi mengaku optimistis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama akan memberikan perhatian ekstra pada pariwisata Jawa Barat.


Menurut dia, Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah mendorong tiga KEK pariwisata untuk ditetapkan oleh pemerintah, yakni Pangandaran, Cikidang Sukabumi dan Lido Sukabumi.


Dia menjelaskan KEK menjadi penting bagi tulang punggung pariwisata Jabar mengingat provinsi ini tidak masuk dalam daftar 10 Bali Baru yang akan didorong oleh pemerintah.


"Dan Pak Gubernur Ridwan Kamil sudah menetapkan Jabar sebagai provinsi pariwisata. Akan tetapi karena Jabar tidak masuk dalam 10 Bali Baru maka kami mendorong perwujudan KEK untuk menjadi penggerak ekonomi pariwisata Jabar," ujarnya.


Pihaknya menilai sosok Whisnutama dan Angela diyakini bisa mengakselerasi pariwisata Jabar mengingat sokongan provinsi ini pada daya tarik dan kunjungan wisatawan sangat tinggi.


Terlebih, Jabar memiliki 1.924 destinasi wisata mulai dari alam hingga buatan sehingga pihaknya meminta Jabar diberikan dukungan penuh.


"Pak Menteri Whisnutama sudah mengatakan akan menggenjot devisa dari sektor wisata," katanya.


Selain itu pihaknya juga memastikan dukungan yang dibutuhkan pariwisata Jabar sesuai dengan perintah Presiden Jokowi agar infrastruktur dan akses yang mendukung pariwisata dibenahi baik oleh Kemenparkeraf, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hingga Kementerian Perhubungan.


Dia menambahkan Disparbud Jabar akan mendukung program-program baru yang disiapkan Whisnutama dan Angela, terlebih sudah memiliki ratusan agenda pariwisata yang disusun bersama 27 kabupaten/kota.

7 views0 comments
bottom of page