top of page

Jaring 'Ered', Daya Tarik Wisata Pantai Timur Pangandaran


Reposted by Grand Pangandaran from DetikNews: https://news.detik.com/foto-news/d-4812027/jaring-ered-daya-tarik-wisata-pantai-timur-pangandaran





Sejumlah nelayan tradisional menarik jaring 'eret' di pantai timur Pangandaran. Aktivitas ini diyakini memiliki daya tarik wisata yang khas di pantai tersebut.


Menangkap ikan dengan jaring ered dilakukan dengan cara berkelompok. Prosesnya diawali dengan menebar jaring di tengah laut atau berjarak 500 meter sampai 1,5 kilometer dari bibir pantai. Setelah jaring ditebar, baru dilakukan penarikan dari bibir pantai. Karena cukup berat dan panjang, penarikan jaring dilakukan oleh 10 orang atau lebih. Para nelayan bahu membahu menarik jaring dari bibir pantai.


Wisatawan yang datang bisa menyaksikan kerja kolektif para nelayan ini saat menarik jaring. Selain itu, wisatawan juga bisa langsung membeli hasil tangkapan nelayan dengan harga yang lebih murah dan tentu saja ikan segar. Aktivitas puluhan nelayan menarik jaring di kawasan pantai timur Pangandaran dipastikan tidak akan tergusur dengan adanya penataan infrastruktur di kawasan tersebut. Bahkan Pemkab Pangandaran justru menyediakan ruang bagi nelayan jaring untuk beraktivitas di kawasan pantai yang sudah ditata.




325 views0 comments
bottom of page