Search
  • Grand Pangandaran

Lepas Peserta JIM 2019 di Pangandaran, Ridwan Kamil Berharap Tahun Depan Makin Banyak Peserta


Reposted by Grand Pangandaran from KOMPAS.COM: ( https://regional.kompas.com/read/2019/12/01/12243021/lepas-peserta-jim-2019-di-pangandaran-ridwan-kamil-berharap-tahun-depan)





Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil melepas 2.500 peserta Jabar International Marathon (JIM) 2019 di Pantai Barat Pangandaran, Minggu (01/12/2019).


Pada kesempatan tersebut Ridwan Kamil menyatakan dukungannya untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan olahraga yang dapat sekaligus mengangkat pariwisata di Jawa Barat.


"Bupati melaporkan, Sabtu-Minggu (Pangandaran) ramai terus apalagi hari besar, menandakan kalau banyak pengunjung, ekonomi warga juga terangkat. Kuncinya promosikan jenis-jenis pariwisata, contohnya sport tourism Jabar International Marathon ini," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.


Peserta yang mengikuti JIM 2019 ini tak hanya berasal dari Jabar saja, tetapi juga pelari dari Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bahkan ada pelari asal Amerika Serikat, Kenya, hingga Australia yang mengikuti acara maraton kelas dunia ini.


Gelaran JIM 2019 ini telah didaulat menjadi kegiatan rutin program wisata strategis Jabar.


"Tahun depan makin besar, makin bagus, makin internasional dan (saat itu) Pangandaran sudah keren. Karena (Pangandaran) itu etalase wajah pariwisata Jabar," ucap Ridwan Kamil.


Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung pengembangan Jabar melalui revitalisasi kawasan Pantai Barat dan Timur yang tengah dilakukan, serta transportasi, mulai bandara hingga tol.


Tahun ini merupakan kali kedua pelaksanaan acara yang diselenggarakan oleh Dispora Jabar bekerja sama dengan Pocari Sweat dan race management IdeaRun ini. Seperti pelaksanaan sebelumnya, terdapat empat kategori yang bisa diikuti oleh para peserta, yaitu Full Marathon 42K, Half Marathon 21K, 10K, dan 5K.


Bedanya JIM 2019 memiliki kategori Kid Sprint sejauh 1 kilometer. Kategori ini diadakan supaya anak-anak lokal terbiasa dengan olahraga lari. Sebanyak 100 siswa dari delapan SD yang dilewati rute maraton mengikuti kategori ini.


0 views

(0265) 630567

©2019 Grand Pangandaran. Proudly created by Inisago.