top of page

Menikmati Ketenangan di Situ Cisamping Pangandaran, Cocok untuk Healing

Grand Pangandaran - Berlibur ke Pangandaran tidak hanya menikmati suasana pantai saja. Ada objek wisata asyik bagi kalian yang mencari ketenangan. Destinasi itu bernama Situ Cisamping.


Situ Cisamping berlokasi di Dusun Mandala, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Tepatnya sekitar tiga kilometer sebelum Pantai Batukaras.



Destinasi tersebut kadang terlewatkan wisatawan yang hendak ke Pantai Batukaras. Lokasinya yang menjorong ke dalam membuat wisatawan lupa akan adanya destinasi wisata yang indah. Suasana di Situ Cisamping cukup sejuk, jauh dari hiruk pikuk. Tempatnya masih asri dan dipenuhi pepohonan.


Anda dapat melakukan water bike, botram, kasih makan ikan, camping dan swafoto. Belum ada tarif masuk, wisatawan hanya mengisi boks kayu seikhlasnya untuk kebersihan pengelola. Jarak dari Tugu Marlin Pangandaran sekitar 26 kilometer, atau jarak tempuh sekitar 45 menit. Jika dari Pangandaran menuju Cijulang selama 30 menit, lalu belok kiri ke arah Nusawiru.


Di perempatan Oyot, belok kanan menuju Jalan Raya Cijulang-Green Canyon. Kemudian setelah jembatan Cidahu belok kiri sepanjang 4 kilometer sampai ke Situ Cisamping yang berada di samping kanan jalan di Dusun Mandala.



Jika Anda ingin menelusuri Pantai Batukaras, bisa sejenak menikmati sejuknya suasana Situ Cisamping. Luas kawasan tersebut ditaksir sekitar 30 hektar yang dimiliki aset Desa Batukaras dan dirawat kelompok pengelola Situ Cisamping yang terdiri dari warga lokal.


Fasilitas yang terdapat di Situ Cisamping di antaranya perahu bebek, terapi ikan, musala, warung, toilet, saung berteduh, dan area camping. Selain itu, Situ Cisamping terdapat mata air yang tidak pernah surut. Warna airnya yang jernih dan bersih. Terdapat banyak ikan-ikan air tawar yang hidup di situ tersebut.


Situ Cisamping menjadi destinasi alternatif selain ke Pantai Batukaras dan Green Canyon. Meskipun kunjungannya tidak seramai Pantai Batukaras, nama Situ Cisamping tidak asing di telinga wisatawan.


Untuk menikmati keindahan Situ Cisamping sangat cocok juga bagi yang berpasangan. Karena suasananya begitu romantis. Bahkan tak sedikit calon pengantin yang prewedding di Cisamping.


Sumber: Detik Jabar

7 views0 comments

댓글


bottom of page