top of page

News: Rute Penerbangan Nusawiru-Husen Bakal Dibuka, Pangandaran-Bandung Cuma 30 Menit



Pic from: Radar Tasikmalaya


Pangandaran – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menjajaki kemungkinan membuka rute penerbangan Bandung-Pangandaran.


Direncanakan, dari Bandara Husen Sastranegara Bandung sampai Bandara Nusawiru Pangandaran bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.


Hal tersebutkan disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai bertemu dengan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Jum’at, 7 September 2019.


Sedang dilakukan penjajakan dibukanya penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Nusawiru Pangandaran, begitu pernyataan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia juga sudah memperkirakan harga tiket penerbangan Bandung-Pangandaran, yakni sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu.


“Tiket dari Jakarta ke Bandung yang ditempuh selama dua puluh menit sekitar Rp 400 ribu, sedangkan dari Bandung ke Pangandaran menghabiskan waktu 25 menit sampai 30 menit, jadi kemungkinan lebih mahal sedikit,” jelasnya.


Terkait maskapai rute penerbangan Bandung-Pangandaran, Ridwan Kamil menyebut akan menggunakan maskapai Trans Nusa yang memiliki kapasitas 70 kursi.


Apabila reaksi masyarakat positif, ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa dimulai.


Sementara itu, Pangandaran juga sedang dikaji terkait progres Kawasan Ekonomi (KEK). Ridwan Kamil menyebut status KEK untuk Kabupaten Pangandaran masih dalam proses, lantaran masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi.


Ia mengatakan, KEK itu kan tidak bisa hanya untuk target pasar dalam negeri, maka masih memperbaiki perhitungannya. Namun, ia juga mengaku optimis, Pangandaran di era kepemimpinananya dan Jeje Wiradinata sebagai Bupati Pangandaran akan lebih maju.


“Saya cukup optimis, Pangandaran di era saya ini bersama Pak Bupati akan melesat, karena pada tahap berikutnya nanti akan ada juga penataan di Batu Karas, Batu Hidu, Karapyak,” ujarnya.


Ridwan Kamil juga menyebut sudah banyak investor yang mengantri dan siap menanamkan modalnya di Pangandaran.


Tidak hanya di Pantai Barat dan Pantai Selatan, terminalnya pun akan kita perbaiki, sudah banyak investor baru yang mengantri ingin masuk ke Pangandaran, demikian ia menjelaskan.

10 views0 comments
bottom of page