Search
  • Grand Pangandaran

Pangandaran Destinasi Wisata Terfavorit di Jawa Barat Selama Tahun 2020


Dok Grand Pangandaran



Tidak bisa dipungkiri, Kabupaten Pangandaran dengan sejuta pesonanya senantiasa memikat hati wisatawan untuk selalu menikmati ragam keindahannya. Bahkan memasuki masa pandemi COVID-19 yang berawal sejak tahun kemarin, Pangandaran tetap menjadi destinasi wisata terfavorit di Provinsi Jawa Barat. Ini terbukti dengan capaian Pangandaran menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa Barat selama tahun 2020 dengan total 3.939.992 wisatawan.


Berdasarkan catatan dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat yang dirilis pada 3 April 2021, sebanyak 35.609.459 wisatawan telah mengunjungi berbagai destinasi wisata yang tersebar di Jawa Barat pada tahun 2020. Dari sekian banyak destinasi tersebut, Pangandaran menjadi destinasi nomor 1 atau terfavorit mengungguli destinasi populer lainnya.

Dilansir dari laman pikian-rakyat.com, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, mengungkapkan bahwa Pangandaran menempati urutan pertama dari empat wilayah yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Barat. Di posisi kedua, Kabupaten Bandung Barat mencatat total kunjungan 3.440.529 wisatawan baik domestik maupun internasional. Selanjutnya, ibukota provinsi Jawa Barat yaitu Kota bandung berada di urutan ketiga dengan jumlah total wisatawan sebanyak 2.431.290. Berada di urutuan terkahir dari 4 besar ini adalah Kabupaten Garut yang mencatatkan kunjungan 1.907.007 wisatawan domestik dan mancanegara selama tahun 2020.


Lebih lanjut Dedi Taufik menjelaskan bahwa Pangandaran menjadi destinasi terfavorit di Jawa Barat karena keindahan pantainya dan juga pesona wisata alam lainnya yang mulai banyak dikenal oleh para wisatawan. Terletak di pesisir selatan Jawa Barat, Pangandaran memang memiliki segudang keindahan alam yang tersebar dari puncak bebukitan hingga ke dasar laut. Beberapa daya Tarik wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan diantaranya adalah Pantai Timur dan Barat Pangandaran, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu, Pantai Karapyak, Sungai Citumang, Green Canyon, dan banyak lagi.


Sebagaimana dilansir dari laman travel.okezone.com, Dedi Taufik juga mengungkapkan bahwa sektor pariwisata diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jawa Barat. “Provinsi Jawa Barat kaya akan potensi wisata yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jabar yang sempat anjlok akibat pandemi COVID-19,” Ujar Dedi Taufik. (AM-K))


Sumber: pikiran-rakyat.com & travel.okezone.com

9 views0 comments
banner web.jpg
banner web.jpg