Search
  • Grand Pangandaran

Tahun 2020, Pemprov Bangun Alun-Alun dan Water Boom di Pangandaran





Article reposted by Grand Pangandaran from KABAR PRIANGAN: https://kabar-priangan.com/tahun-2020-pemprov-bangun-alun-alun-dan-water-boom-di-pangandaran




Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan kembali bahwa Pangandaran sebagai etalase pariwisata di Jawa Barat. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri dan melepas para peserta Jabar Internasional Marathon 2019 di Pangandaran Sunset Pantai Barat, Minggu, 1 Desember 2019.


Menurut dia, di tahun pertama kepemimpinannya, dirinya sedang menata Pantai Barat Pangandaran dan membuat breakwater. Kemudian di tahun 2020 ada pengembangan dua lahan milik Pemprov yaitu Pondok Seni dan satu lahan untuk dijadikan destinasi wisata air Water Boom dan lain-lain.


Tapi poinnya adalah kita akan terus mengembangkan Pangandaran ini semakin maju,” ucap Ridwan Kamil.


Kemudian, lanjut dia, akses mulai dari jalur kereta api, rencana jalan tol termasuk pengembangan bandara juga akan terus dilakukannya. Dan itu merupakan komitmennya selama 5 tahun kedepan dalam pengembangan Pangandaran.


Pak Bupati melaporkan kunjungan wisata pada Sabtu-Minggu kunjungan ramai terus, apalagi di liburan hari-hari besar. Kalau tingkat kunjungan meningkat kan ekonomi masyarakat juga akan terangkat,” ujarnya.


Maka kuncinya kata dia,mempromosikan pariwisata melalui spot tourims seperti Jabar Internasional Marathon.


Ujung-ujungnya kan buat kepentingan warga, yang punya penginapan, yang punya restoran. Tadi malam aja saya nongkrong di Rock And Roll Cafe, ini contoh ekonomi lokal bisa rame dikunjungi wisatawan,” katanya.


Menurut Ridwan Kamil, Pangandaran ini adalah daerah dengan penganggurannya yang paling rendah di Jawa Barat, berarti ini ada hubungan kuat antara penguatan ekonomi, perbaikan infrastruktur dengan ekonomi Pangandaran.


Ridwan Kamil mengatakan, bahwa pantai Pangandaran akan dijadikan mirip Hawai, agar wisatawan aman, ada toilet di pantai, ada trotoar di tempat yang teduh sehingga siang maupun malam bisa ada kegiatan.


Biasanya kalo gak ada trotoar di daerah pantai pada malam hari itu tidak ada kegiatan. Sedangkan kalo di Hawai siang malam itu selalu rame. Kalau malamnya rame kan yang jualannya bisa lebih lama sehingga ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat,” paparnya.


Terkait rencana Pangandaran menjadi pusat kegiatan Pan Asia Hash tahun 2021, dirinya akan selalu mendukung apalagi yang sifatnya bisa meningkatkan ekonomi dan keterkenalan Pangandaran.


Pasti kita akan dukung,” ucapnya.


Ridwan Kamil juga mengatakan, bahwa pemuda-pemuda di Pangandaran akan belajar bagaimana perlahan-lahan mereka bisa memiliki pengetahuan untuk mengelola even-even dari berskala lokal, regional sampai internasional.


Memang butuh waktu, even JIM ini kan baru dua kali ya, kedepan mayoritas bisa dikelola oleh pemuda-pemuda Pangandaran, apalagi tadi malam saya sharing, ternyata mereka opetimis untuk memajukan pariwisata Pangandaran,” ujarnya.


Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menambahkan, di Pondok Seni akan ada penambahan destinasi wisata berupa water boom, dan arena wisata air lainnya. Selain itu ada pula tempat kuliner dan pondok wisata.


Sedangkan satu lahan lagi di lahan Dinas Sosial yang juga milik Pemprov akan di bangun alun-alun di kawasan pantai,” kata Jeje. (Agus Kusnadi)***

16 views

(0265) 630567

©2019 Grand Pangandaran. Proudly created by Inisago.