Search
  • Grand Pangandaran

WISATA : Susuri Sungai Santirah di Pangandaran, Menerobos Gua Batu Karst



Source : surVive GIEZAG

Berwisata sembari memacu adrenalin? Cobalah berkunjung ke Pangandaran, Jawa Barat. Tak hanya dikenal dengan pesona pantainya, Pangandaran juga menyimpan segudang pesona dan potensi wisata lainnya. Salah satunya Green Santirah, destinasi ini akan memberikan pengalaman berupa petualangan seru.

Selain menyusuri Sungai Santirah dengan aktivitas River Tubing, kalian akan disuguhi pesona alam yang unik dari ekosistem karst Pangandaran. Aktivitas River Tubing inilah yang akan menguji adrenalin. kalian akan diajak menyusuri riam dan jeram yang menantang, menerobos gua-gua, dan menikmati keindahan air terjun di sepanjang aliran Sungai Santirah yang berwarna hijau kebiruan.



Source : CV. BARAJA BODY RAFTING


River Tubing adalah aktivitas mengarung bebas di permukaan air sungai dengan arus yang tenang. Biasanya menggunakan perahu karet (tubing) yang terbuat dari ban mobil. Tiap orang mendapatkan perahunya masing-masing dan tanpa menggunakan dayung kecuali dengan tangan atau kaki untuk mengayun laju perahu dan menentukan arah.

River Tubing Green Santirah aman bagi yang tidak bisa berenang, berbeda dengan aktivitas Body Rafting, seluruh badan akan masuk ke dalam air sungai. Dengan River Tubing, tubuh akan mengambang di atas tubing (ban), jadi lebih terlindung dan tidak perlu melakukan gerakan berenang untuk melaju dan bergerak. Cukup mengikuti aliran Sungai Santirah yang cukup tenang dan aman.


Aktivitas dimulai dari Basecamp Santirah. Pengunjung diwajibkan menggunakan jasa pemandu lokal dan menggunakan perlengkapan pengaman berupa life jacket atau pelampung serta pelindung kaki dan kepala. Fungsinya untuk menghindari benturan dengan dinding dan batu. Kalian akan diajak menyusuri Sungai Santirah dan melihat keindahan dinding dan ngarainya yang masih alami.




Source : www.travelpangandaran.com


Perjalanan menyusuri sungai akan ditempuh sekitar 2-3 jam. Waktu tersebut seringkali terlanggar oleh para wisatawan. Bukan karena sulitnya medan yang ditempuh, tapi banyak waktu yang dihabiskan untuk berfoto ria. Tidak hanya menikmati derasnya aliran sungai, kalian juga akan merasakan petualangan menerjang jeram Batu Munding, jeram Leuwi Panjang dan jeram Sindang Melang. Juga menembus lorong-lorong gua yang gelap seperti Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkop dan Gua Cukang Taneuh.


Kalian juga akan menemui curug atau air terjun di antara tebing-tebing tingginya, yaitu Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini dan Air Terjun Curug Tiga. Puas mengeksplor semua panorama alam yang ada di Sungai Santirah, tibalah di titik finish. Di lokasi ini, ada tantangan adrenalin yang ekstrem, yaitu melompat dari ketinggian tiga meter dan tujuh meter. Bagi pengunjung yang berminat mencobanya, akan diajak, diarahkan, sekaligus diberi contoh mengenai teknik-teknik yang aman saat melakukan lompatan dari spot tersebut oleh pemandu.

Setelah sampai di titik finish, pengunjung akan kembali ke Basecamp Santirah dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Sepanjang perjalanan, Kalian akan melewati beberapa pematang sawah dengan balutan nuansa hijau.


Green Santirah berada di Dusun Giriharja, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Sekitar 15 km dari Pangandaran dengan jarak tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan darat. Bagi para pencinta kegiatan pacu adrenaline, Green Santirah layak dicoba.



(Sumber : iNews)

13 views

(0265) 630567

©2019 Grand Pangandaran. Proudly created by Inisago.